working pattern internet abstract
IstilahDefinisi
Habit posturePostur menetap yang timbul secara instiktif dan refleks dengan otot dalam keadaan kontraksi aktif.
Habitual posture of mandiblePosisi alamiah mandibula ketika otot-otot mandibula dalam keadaan relaks dan pasien dalam posisi tegak.
Hemofilia (hemophilia)Suatu diatesis hemoragik yang terdapat dalam tiga bentuk: Haemophilia A, Haemophilia B, dan Haemophilia C.
Hageman factorDisebut juga faktor XII.
Berasal dari plasma, terdapat dalam darah dan teraktifkan jika berkontak dengan berbagai zat misalnya kaca, kaolin, kolagen, membran basal, kartilago, tripsin, kallikrein, plasmin, dan lipopolisakharida bakteri.
Jika telah teraktivasi, faktor Hageman memiliki 3 efek penting yaitu:
1. Memiliki aktivitas aktivator pralikrein.
2. Memicu kaskade pembekuan.
3. Memicu sistem fibrinolitik.
HalitosisLatin: halitus = ekshalasi.
Disebut juga fetor ex core, fetor oris, dan stomatodysodia.
Bau mulut yang tidak sedap.
HamularBerbentuk seperti kait.
Handpiece (henpis)Instrumen tangan sebagai alat antara sumber penggerak dengan bur atau cakram. Bentuk henpis bisa lurus, menyudut (contra-angle) dan menyiku (right-angle). Ada pula yang disebut miniature handpiece untuk memegang bur yang lebih kecil.
HaplodontYunani: haplo + odous = gigi.
Memiliki gigi molar tanpa cusp.
HaploidYunani: hapl + oid.
Memiliki satu set kromosom seperti yang secara normal dikandung oleh satu gamet atau memiliki satu set lengkap kromosom non homolog. Pada manusia angka haploid adalah 23.
HardnessKualitas kekokohan suatu zat yang dihasilkan oleh daya kohesi dari partikel-partikel zat tersebut dan dibuktikan oleh ketahanannya terhadap penetrasi, abrasi, pemotongan, atau mudah tidaknya zat tersebut dibentuk.
HarelipCelah bibir, sumbing.
HatchetInstrumen pemotong email atau dentin yang berbentuk pahat manual yang bilah pemotongnya dibevel. Baik bevel tunggal maupun ganda; ujung pemotongnya segaris dengan sumbu bilahnya. Digunakan untuk memahat email atau dentin yang telah menggaung karena karies (undermined), menghaluskan dinding kavitas, dan memanipulasi garis sudut dan titik sudut.
HCHOFormaldehid.
HCTHematokrit.
HealMemugar bagian yang terluka atau membuat sehat; menjadi sehat atau membaik.
HealingProses penyembuhan, pemugaran integritas jaringan yang cidera.
Headstrom file (file tipe H)Banyak digunakan dalam perawatan saluran akar gigi guna membuat saluran akar berbentuk corong dari apeks ke orifis. Ulir pemotongnya berbentuk spiral atau kerucut dengan efisiensi pemotongan lebih dari file-K. DIgunakan dalam gerak mengerok/mengikir (filing action). Terbuat dari baja tahan karat.
Hemat(o)-, haemat(o)-Yunani: haema = darah.
Bentuk kombinasi yang memberi arti darah.
Hecto-, Hekto-Bentuk kombinasi yang memberi arti seratus.
HectoliterSeratus liter.
Hematocrit (Hematokrit)Yunani: hemato + krinein = memisahkan.
Volume sel darah, terutama sel darah merah, yang diperoleh setelah disentrifugasi dan terpisah dari plasmanya.
HematopoiesisYunani: hemato + poiein = membuat.
Proses bertumbuh, membelah, dan berdiferensiasinya sel-sel darah. DIkenal tiga golongan umum sel darah yang dihasilkan dan proses ini yakni sel darah merah (eritrosit), yang berperan dalam transpor oksigen ke seluruh tubuh, platelet (trombosit), yang berperan dalam pengendalian perdarahan, dan sel darah putih (leukosit) yang sebagian besar berperan dalam sistem pertahanan tubuh.
Hemi-Bentuk kombinasi di awal kata yang memberi arti setengah.
HemiglosektomiPembuangan separuh lidah secara pembedahan.
HemihidratHidrat yang mengandung satu molekul air untuk setiap dua molekul zat lain dalam senyawaannya.
Hemimandibulectomy (hemimandibulektomi)Pembedahan separuh mandibula secara pembedahan.
HemiphlegiaParalisis terbatas pada satu sisi tubuh.
HemiseksiPembuangan separuh bagian organ atau suatu strutur anatomi. Dalam kedokteran gigi, pembuangan akar atau akar-akar gigi yang sudah tidak baik lagi.
Hepat- (Hepato-)Bentuk kombinasi di awal kata yang memberi arti berkaitan dengan hati.
HepatitisInflamasi pada hati yang menimbulkan keadaan yang dikenal dengan sakit kuning. Dikenal hepatitis A, hepatitis B, hepatitis non-A non-B, dan hepatitis delta.
HeparinSuatu mukopolisakarida yang tersusun atas asam D-glukoronat dan D-glukosamin, terdapat pada berbagai jaringan, terutama hati dan paru-paru, dan memiliki sifat antikoagulan yang kuat. Diduga beraksi menginhibisi konversi protrombin menjadi trombin, dan demikian fibrinogen menjadi fibrin.
HerpesSuatu erupsi kulit yang menyebar. Suatu penyakit infeksi yang ditandai oleh erupsi inflamasi akut akibat infeksi virus herpes. Terlihat kumpulan-kumpulan vesikula.
HerpesvirusVirus DNA yang terdapat pada banyak spesies hewan. Virus ini matang pada nukleus sel yang terinfeksi. Merupakan penyebab dari herpes simpleks oral, herpes simpleks genital, varisela herpes zoster, dan
Heter- (Hetero-)Bentuk kombinasi di awal kata yang memberi arti perbedaan atau ketidaksamaan.
Hest- (Histio-, Histo-)Bentuk kombinasi di awal kata yang menunjukkan keterkaitan dengan jaringan.
HistaminMolekul kecil yang diturunkan dari histidin yang dikeluarkan oleh sel mastoid dan basofil, Menyebabkan iritasi, pelebaran pembuluh darah, dan kontraksi otot polos.
HLA (Human Leucocyte Antigen)Molekul MHC (major histocompatibility complex) yang diekspresikan pada permukaan sel manusia. Molekul MHC manusia pertama kali diidentifikasi sebagai aloantigen pada permukaan sel-sel darah putih (leukosit) yang terikat pada antibodi serum dari individu yang sebelumnya terpajan pada sel-sel individu lain (misalnya ibu atau resipien transfuse).
Hodgkin’s DiseaseAdenoma limfatik multipel. Pembesaran kelenjar limfatik dari seluruh tubuh yang progresif yang walaupun tidak menimbulkan nyeri sering berakibat fatal. Dapat berlangsung bertahun-tahun yang mengakibatkan pasien anemik dan lemah.
HoeInstrumen yang bentuknya seperti pahat yang digunakan untuk membuang jaringan keras.
Homeo-Bentuk kombinasi di awal kata yang memberi arti menyerupai.
Homeopathy (homeopati)Sistem kedokteran gigi yang berlandaskan pada teori yang mengatakan bahwa penyakit dapat disembuhkan oleh obat yang menimbulkan gejala yang sama dengan yang ditimbulkan penyebab penyakit. Obat diberikan dalam dosis yang sedikit yang diperoleh melalui pengenceran yang banyak.
HormonZat yang disekresikan oleh kelenjar tanpa saluran dan diangkut oleh aliran darah ke tempat yang jauh untuk menstimulasi organ lain.
Host (hospes, pejamu, inang)Organisme tempat beradanya organisme lain yang hidup sebagai parasit.
Humoral immunitySuatu tipe respons imun adaptif yang dimediasi oleh antibodi; antibodi ini diproduksi oleh limfosit B. Imunitas humoral merupakan mekanisme pertahanan utama terhadap mikroba ekstrasel dan toksin-toksinnya.
Hutchinson’s TeethGigi yang abnormal, terutama mengenai insisif, kaninus, dan molar pertama atas permanen, yang terlihat pada penyakit sifilis bawaan.
Hutchinson’s TriadMeliputi gigi hutchinson, keratitis interstitial, dan ketulian syaraf ke delapan. Merupakan patognomonik sifilis kongenital.
Hyal- (hyalo-)Bentuk kombinasi di awal kata yang memberi arti transparan atau bening.
HyalineHampir atau benar-benar transparan seperti kaca.
HybridPenyatuan dua varietas.
HidrokarbonKarbohidrat senyawaan yang hanya terdiri atas atom karbon dan hidrogen.
HidrokoloidSenyawa yang bila ditambah air akan membentuk mula-mula sol kemudian suatu gel. Sifatnya bisa reversible atau ireversible. Digunakan untuk pencetakan gigi.
Hydrodinamic Theory (terori hidrodinamik)Diajukan oleh Brannstorm dan Astrom (1982), yang menerangkan bahwa nyeri ditransmisikan oleh pergerakan cairan yang cepat di dalam tubulus dentin. Karena tubulus mengandung ujung syaraf mekanoreseptor di dekat pulpa, gerakan cairan yang sedikit saja dalam tubulus akibat pemotongan, pengeringan, perubahan tekanan, pergerakan osmotik, atau perubahan temperatur pada dentin, akan menyebabkan transmisi nyeri.
Hydrogen Peroxide
(hidrogen peroksida)
Cairan tak berwarna, tak berbau yang mampu beroksidasi dan bersifat antiseptik dan menghilangkan bau. Digunakan sebagai obat kumur untuk membunuh organisme anaerob, bahan pemutih dan pernah digunakan sebagai larutan irigasi saluran akar.
Hydrolisis (hidrolisis)Penglepasan suatu ikatan kovalen -H ditambahkan ke salah satu produk penglepasan dan -OH ke yang lain.
Hydrophilic (hidrofilik)Secara harfiah berarti mencintai air. Molekul polar.
Hydrophobic (hidrofobik)Secara harfiah berarti membenci air. Molekul nonpolar.
HidroksiapatitKomposisi mineral utama dari gigi, tulang, dan kalkulus. Suatu bentuk apatit dengan rumus umum Ca10(PO4)6(OH)2.
Hyp- (Hypo-)Bentuk kombinasi di awal kata yang memberi arti kecil, kurang, defisiensi, di bawah.
Hyper-Bentuk kombinasi di awal kata yang memberi arti berlebihan di atas normal, atau di atas.
HyperalgesiaRespons berlebihan terhadap stimulus yang secara normal menyakitkan.
HyperesthesiaSensifivitas yang meningkat terhadap semua stimulus.
Hyperplasia (hiperplasia)Peningkatan jumlah sel dari organ atau jaringan yang sedang bertumbuh. Proses ini dapat diestimasi secara biokimia dengan mengukur peningkatan DNA per-unit berat jaringan.
HypersensitiveMemperlihatkan peningkatan sensitivitas yang tidak normal. Memiliki kemampuan khusus atau kemampuan umum untuk bereaksi terhadap suatu zat dengan tanda dan gejala tertentu.
Hypersensitivity (hipersensitivitas)Suatu keadaan reaksi yang berubah; respons bereaksi secara berlebihan. Terdapat 2 kelompok besar yakni: Sensitivitas yang dimediasi oleh antibodi dan hipersensitivitas yang dimediasi oleh sel.
Hypertrophy (Hipertofi)Peningkatan ukuran sel dari jaringan atau organ yang sedang bertumbuh. Proses ini dapat diestimasi secara biokimia dengan mengukur peningkatan protein per unit DNA.
Hypoplasia (hipoplasia)Perkembangan jaringan yang tidak sempurna atau defektif.
Hysteria (histeria)Suatu keadaan neurotik yang ditandai oleh kerusakan fungsi motoris dan sensoris.

By Infodrg